CMI-21 (CAPITAL MARKET INFORMATION) MERGER DAN AKUISISI

CMI-21 (CAPITAL MARKET INFORMATION)

MERGER DAN AKUISISI

Halo sahabat KSPM!

Di dalam dunia Pasar Modal, kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Merger dan Akuisisi. Baik Merger dan Akuisisi adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan kapabilitas dan daya saing perusahaan. Terkadang orang-orang masih keliru dalam mengartikan dan membedakan istilah Merger dan Akuisisi. Berikut adalah penjelasan mengenai definisi dan perbedaan dari kedua istilah tersebut.

Merger adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih, dan kemudian tinggal nama salah satu perusahaan yang bergabung. Contoh : Lippo Bank merger dengan Bank CIMB Niaga. Dalam proses merger, Lippo Bank tidak beroperasi dan melebur menjadi satu menggunakan nama Bank CIMB Niaga.

Akuisisi adalah pengembangan usaha dengan cara membeli perusahaan lain untuk mendukung usaha pengembangan mereka. Contoh : PR XL Axiata Tbk (EXCL) mengakuisisi PT Axis Telkom Idn. Keduanya tetap ada dan beroperasi, namun kepemilikan meyoritas PT Axis Telekom Indonesia adalah EXCL.

Nah, itulah sedikit penjelasan yang telah kami paparkan. Jika info materi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain, ya. Yuk saling berbagi dan menebar kebaikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »