RESERVOIR KSPM

CME (Capital Market Explore)  2014
CME di sini merupakan kegiatan pertama yang di laksanakan oleh KSPM, karena CME merupakan open recruitmen anggota muda KSPM. CME biasanya diadakan pada bulan maret atau april, tempat diklat CME selalu berpindah-pindah. Pada kegiatan CME tahun 2014 ini dilaksanakan di Warung Kopi Garahan, hal ini membuat para anggota muda menjadi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Seperti halnya mulai dari kegiatan materi dasar keilmuan tentang pasar modal, game puzzle, materi keorganisasian, game trading, outbond, dan sampailah pada malam keakraban yang sangat ditunggu-tunggu oleh para anggota muda KSPM. Berikut ini beberapa foto-foto kegiatan selama CME berlangsung.


Apel pagi sebelum pemberangkatan anggota muda KSPM 2013

Materi keilmuan dasar tentang pasar modal
Dalam kesempatan ini para anggota muda diberikan pemahaman dan pembelajaran tentang dunia pasar modal.

Game Puzzle pasar modal

Materi tentang keorganisasian

Game trading saham melalui media cetak

Game Outbond














Malam pengukuhan

Malam keakraban














Semangat berkobar anggota muda KSPM 2013


Tutorial anggota muda KSPM 2013
Kegiatan tutorial disini akan dilaksanakan setelah kegiatan CME, yang nantinya ditujukan sebagai dasar pemahaman dan pemberian ilmu dasar mengenai dunia pasar modal kepada seluruh anggota muda KSPM. Kegiatan tutorial ini berlangsung selama kurang lebih 2-3 bulan yang porsinya akan diberikan setiap satu minggu wajib hadir satu kali pertemuan dalam seminggu. Selain tutorial para anggota muda dilatih untuk diskusi mengenai berita terbaru, untuk mengasah pemikiran kritis anggota muda kspm. Setelah ilmu teori dasar diberikan nantinya para anggota muda akan diajarkan praktek langsung bagaimana cara trading saham, dan hal ini bisa langsung dilakukan melalui Pojok Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi, Universitas Jember yang tempatnya berada di sebelah Bank Jatim Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.
Sedangkan kegiatan tutorial akan segera dilaksanakan mulai hari senin tanggal 14 April 2014, dan berlanjut setiap hari senin-selasa selama kurang lebih 2-3 bulan.
ü Sesi 1 dimulai pada pukul 13.00-14.30 wib, dan
ü Sesi 2 dimulai pada pukul 15.00-16.30 wib.
Harapan kami sebagai senior sekaligus juga pengurus KSPM FE UNEJ, dengan adanya kegiatan tutorial seperti ini dapat mencetak calon-calon investor yang lebih baik dan berkualitas sehingga dapat membawa nama baik UKM KSPM FE UNEJ dengan dibuktikannya mengikuti berbagai kegiatan lomba pasar modal tingkat nasional dan memperoleh gelar juara.

Galeri Investasi BEI FE UNEJ








Anjloknya IHSG pasca Quick Count pemilu legislatif


Pada tanggal 10 April 2014 tepatnya sehari pasca pemilu legislatif, saham-saham Indonesia dibuka mengalami koreksi akibat aksi jual yang tinggi sehingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun.  Wakil Menteri Keuangan Bambang  Brodjonegoro menilai turunnya nilai Indeks Harga Saham Gabungan sebanyak 100 point pasca pemilu legislatif merupakan hal yang wajar, IHSG anjlok 92 point pasca pemilu legislatif. Hal ini disebabkan oleh hasil cepat alias Quick Count memberikan ketidakpastian situasi di pasar. Relitrade Securities dalam risetnya menjelaskan hasil Quick Count menunjukkan perolehan suara PDIP kemungkinan tidak akan memenuhi batas presidential tershold sebanyak 20%. Pasar menangkap hal ini sebagai situasi yang tidak pasti. Bambang mengatakan untuk saat ini para investor masih wait and see. Diperkirakan setelah pilpres, pasar akan kembali bergairah atau normal.

Talkshow
Kegiatan talkshow seperti ini diadakan oleh Galeri Investasi BEI FE UNEJ, ini juga merupakan agenda rutin yang baru dilaksanakan oleh anak-anak pengurus KSPM sekaligus anak-anak dari Galeri Investasi BEI FE UNEJ yang tergabung dalam kepengurusan BSO (Badan Semi Otonom). Dalam kesempatan ini, para peserta seminar akan diberikan ilmu tentang dunia pasar modal, bagaimana cara menginvestasikan dana dengan baik, dan juga pengenalan Galeri Investasi BEI FE UNEJ.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »