RESENSI BUKU - Trading Saham dengan Menggunakan Fibonacci Retracement



KSPM FEB UNEJ - RESENSI BUKU TRADING SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN FIBONACCI RETRACEMENT

Judul                : Trading Saham dengan Menggunakan Fibonacci Retracement
Pengarang        : Satrio Utomo, CSA®, SE, MBA
Penerbit            : PT Elex Media Komputindo,
Cetakan           : 1, Muharram 2016
Tebal Buku       : 207 halaman
ISBN               : 978-602-02-8162-9


            Sartio Utomo, CSA®, SE, MBA merupakan lulusan dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1997, beliau juga perah berkarier di pasar modal sebagai broker – analisis – trader. Pemilik izin WMI (Wakil Manajemen Investasi) dan WPPE (Wakil Perdagangan dan Perantara Efek) saat ini aktif dalam AAEI (Assosiasi Analisis Efek) dan AATI (Asosiasi Analisis Teknikal Indonesia) serta menjadi anggota AWP2EI (Asosiasi Wakil Perdagangan Perantara Efek Indonesia.
Buku ini terdapat empat bagian dengan sebelas bab. Bagian pertama terdapat dua bab yang menjelaskan tentang rencana trading dimana membahas perbedaan investor dan trader serta memilih saham yang akan dianalisis sebagai rencana trading, analisis yang dilakukan berdasarkan perkiraan mengenai pergerakan harga, perkiraan mengenai arah pergerakan harga, potensi keuntungan yang didapat saat melakukan posisi beli/jual pada level harga tertentu, potensi resiko yang dihadapai saat melakukan posisi jual rugi (cut loss) ketika support ditembus atau posisi beli di atas harga jual sebelumnya jika sempat melakukan posisi jual (buyback), analisis reward to risk ratio, dan kesimpulan akhir berupa posisi beli, jual atau hold yang sebaiknya diambil.
 Bagian kedua terdapat lima bab yang menjelaskan tentang Analisis Teknikal, Bar Chart, Suport dan Resisten, Trend serta Fibonaci Retracement. Bar chart merupakan metode penggambaran diagram pergerakan harga yang sangat umum digunakan oleh komunitas pengguna analisis teknikal. Dalam bab ini kita dapat mengetahui berbagai jenis bar chart sehingga kita dapat mengetahui pergerakan harga yang dihasilkan oleh gambaran dari bar chart dalam periode tertentu yang dapat mempengaruhi psikologi pasar serta mengenali sinyal perubahan harga pada bar chart. Support dan Resisten merupakan batas pergerakan harga dengan menggunakan titik tertinggi dan titik terendah sebelumnya. Dalam hal ini kita juga dijelaskan tentang support yang berubaha menjadi resiten, resisten yang berubah menjadi support serta syarat support atau resisten yang dapat ditembus. Sehingga penjelasan tentang support dan resisten lebih luas lagi. Selain itu, kita juga dapat mengetahui jenis – jenis trend disertai dengan contoh gambar untuk lebih mudah memahaminya dan penjelasan akhir tentang apa itu Fibonacci Retracement sampai dengan latihan untuk menggunakan indikator tersebut.
Bagian ketiga terdapat tiga bab yang menjelaskan tentang pergerakan harga, posisi jual, beli, hold, Reward to Risk Ratio berdasarkan panduan dari Fibonacci Retracement yang mana tedapat dua titik digunakan untuk melihat arah pergerakan harga antara titik terendah atau tertinggi dan titik tertinggi atau terendah serta dalam bagian ini juga dijelaskan tentang menentukan posisi cut loss dan stop loss .
Bagian keempat menjelaskan tentang faktor psikologis dan faktor penentu kemenangan disebutkan bahwa sukses trading ditentukan oleh 80% faktor psikologis dan 20% faktor metodologis. Selain faktor teoritis yang selalu ditingkatkan, seorang trader juga harus menerapkan apa yang seharusnya dilakukan, dan apa yang seharusnya tidak dilakukan (Do and Don’t Do) yang mana sebagai seorang trader harus memiliki sikap (attitude) yang baik agar mencapai keberhasilan yaitu dengan percaya diri, disiplin, objektif, iklhas tanpa menggantungkan pendapat orang lain untuk beraksi serta menjadikan kesalahan sebagai pengalaman.
Setelah mengetahui gambaran umum yang sudah diuraikan ada beberapa keunggulan dari buku ini yaitu bahasa yang digunakan tidak rumit sehingga memudahkan kita untuk memahaminya, terdapat contoh – contoh  grafik atau tabel yang dapat membantu kita untuk belajar serta mengetahui dari apa yang dibahas dan menarik untuk dipelajari. Sedangkan kelemahan dari buku ini yaitu tidak ada glosarium tentang kata – kata yang kurang dimengerti oleh orang awam, contoh – contoh  grafik atau tabel yang digunakan sebaiknya dibahas disamping pembahasan agar tidak bolak – balik untuk melihat grafik, pembahasannya kurang runtut contohnya pada bagian pertama tentang rencana trading untuk menentukan support, resisten, tend tetapi untuk pembahasannya dihalaman atau dibab selanjutnya sehingga pemahaman untuk membacanyapun harus bolak-balik halaman atau bab.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »