RESENSI BUKU - Yuk Belajar Saham untuk Pemula


KSPM FEB UNEJ - RESENSI BUKU ANALISIS YUK BELAJAR SAHAM UNTUK PEMULA

Judul Buku                         : Yuk Belajar Saham untuk Pemula                          
Pengarang                          : Nicky Hogan
Penerbit                             : PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit                       : 2017
Jumlah Halaman                 : 162 halaman
               
                Dalam buku Yuk belajar saham untuk pemula ini, berisi tentang  bagaimana belajar saham bagi pemula . Diawali mulai dari apakah investasi itu hanya sebuah keinginan atau kebutuhan semata. Sebagian orang beranggapan bahwa investasi adalah hanya keinginan atau kebutuhan karena prinsip investasi adalah menggunakan dana lebih. Dalam dunia Pasar Modal ada istilah inflasi, Inflasi adalah terjadinya kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa yang meluas pada seluruh sektor perekonomian dan berlangsung secara terus menerus. Investasi menggunakan instrument saham sangat disarankan yang pertama sangat mudah ditransaksikan dimanapun dan kapanpun kedua Modal bisa dimulai dari nominal kecil ketiga Saham sifatnya transparan dan aman . Selain itu dalam Pasar Modal juga ada istilah Reward dan Risk. Reward yaitu keuntungan yang didapat dari investasi saham. Umumnya para investor saham bisa mendapatkan keuntungan dari beberapa hal yaitu Dividen bagain laba atau pendapatan perusahaan yang ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham lalu ada juga Capital gain keuntungan yang didapatkan dari selisih harga beli dan harga jual . Sedangkan Risk yaitu resiko yang didapat dari investasi saham yang artinya semakin tinggi timbal hasil keuntungan investasi, maka semakin tinggi pula risikonya. Risiko(Risk) disebabkan oleh beberapa faktor yaitu tidak mendapatkan Dividen,Risiko Likuidasi perusahaan ,Capital Loss (lebih rendahnya harga jual dibandingkan harga beli yang disebabkan oleh penurunan harga saham ) dan yang terakhir  saham delisting dari bursa (penghapusan pencatatan dari bursa).
            Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai Apakah Pasar Modal itu legal.Pasar Modal di Indonesia tentunya legal karena diawasi langsung oleh OJK,BEI,KPEI,KSEI dan lembaga-lembaga penunjang lainnya. Selain itu perusahaan yang ingin go public harus melalui beberapa tahapan hingga nanti tercatat di Bursa Efek Indonesia. Go Pulik juga sering disebut dengan IPO kemudian perusahaan yang sudah tercatat, akan diperdagangkan di pasar saham dan mendapatkan penambahan jumlah investor. Bagi perusahaan yang sudah tercatat di BEI maka nama belakang perusahaan terbuka nantinya ada penambahan kata Tbk. Artinya, siapa saja yang ingin bertransaksi dengan perusahaan terbuka , akan melakukan jual beli dipasar modal dan akan mendapatkan informasi tentang perusahaan tersebut
            Pada buku ini juga dijelaskan, walaupun hanya  sebagai investor saham pemula, harus bisa menjadi pemilik bisnis bukan hanya menjadi konsumen. Selain itu meskipun hanya memiliki 1 lot saham kita sudah menjadi pemilik perusahaan tersebut dan  berkesempatan untuk mengikuti RUPS.
            Dibuku ini juga dibahas mengenai apa itu Saham Syariah, Apa saja kegiatan yang penerapannya bertentangan dengan  saham syariah yang telah diatur oleh OJK Nomor 15 tahun 2015 dan Pada tahun 2000, Bursa Efek Jakarta dan PT Danareksa Investment Management menyusun indeks saham syariah pertama yaitu JII (Jakarta Islamic center) yang terdiri dari 30 saham perusahaan. Kemudian pada tahun 2011 Bursa Efek Indonesia meluncurkan ISSi yaitu index saham yang mencakup seluruh saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan terdaftar dalam Daftar Efek Syariah. Terhitung sejak tahun 2016 jumlah saham syariah dalam Daftar Efek Syariah berjumlah 327 dengan kapitalisasi pasar sebesar 3.29 miliar rupiah pada akhir November 2016.
            Kelebihan dari buku ini adalah bahasa yang digunakan mudah dipahami.Sebagai investor pemula yang ingin berkecimpung didalam dunia pasar modal buku ini sangat dianjurkan. Karena di dalam buku ini dijelaskan secara mendetail bagaimana mempelajari saham bagi seorang pemula.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »