[Event] Capital Market Fair (CMF) 2018 - Sekolah Pasar Modal (SPM)


SEKOLAH PASAR MODAL 2018



KSPM FEB UNEJ-Sekolah Pasar Modal (SPM) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) yang bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Pihak Sekuritas. Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian acara Capital Market Fair (CMF) yang merupakan progam kerja tahunan dari KSPM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember. Sekolah Pasar Modal KSPM FEB UNEJ 2018 dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2018 pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00.

Adapun tujuan dari kegiatan Sekolah Pasar Modal ini adalah untuk.
1.     Memberikan edukasi yang benar tentang investasi;
2.     Memperkenalkan pasar modal sebagai alternatif berinvestasi.
3.     Sarana pelatihan bagi mahasiswa dan masyarakat yang tertarik mempelajari investasi dalam pasar modal.
4.     Membentuk investor muda yang berkualitas di pasar modal Indonesia.
5.     Meningkatkan eksistensi Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember sebagai wadah berinvestasi bagi mahasiswa dan masyarakat di lingkungan Universitas Jember.

Sekolah Pasar Modal tahun ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu SPM Level 1 dengan materi ‘Gambaran Umum Pasar Modal’ dan SPM Level 2 dengan materi ‘Analisis Teknikal dan Fundamental serta Online Trading’.

SPM Level 1 dengan pemateri dari Bursa Efek Indonesia Surabaya yaitu Bapak Dyan Fajar Mahardika menjelaskan tentang bagaimana seluk beluk Pasar Modal dan investasi saham. Pada SPM level 1 ini para peserta mendapat gambaran umum tentang pasar modal, tentang investasi khususnya investasi saham, dan bagaimana cara berinvestasi saham di pasar modal Indonesia.


Untuk SPM Level 2 penyampaian materi dilakukan oleh Marketing Officer PT Indo Premier Sekuritas, IPOT Malang, Zanuar Priyatno. Bapak Zanuar menjelaskan tentang analisis teknikal dan fundamental serta cara melakukan transaksi menggunakan aplikasi trading untuk jual beli saham. Bapak Zanuar berpendapat untuk menganalisis saham, pertama kita harus mengenal perusahaan tersebut kemudian kita analisa saham tersebut menggunakan rasio keuangan misalnya Net Profit, ROA, ROE, PER, dan Debt/Equity.

Peserta yang datang berasal dari mahasiswa Universitas Jember maupun di Luar Universitas Jember dan Umum (dari luar Jember). Para peserta sangat antusias dan menyimak penjelasan dari kedua pemateri serta aktif menanyakan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh kedua pemateri tersebut. Acara SPM ditutup dengan acara Tanya jawab dan pemberian doorprize saldo untuk akun saham sebesar 100.000 Rupiah.

Berikut Foto Kegiatan Capital Market Fair 2018 - Sekolah Pasar Modal (SPM) :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »