Company Review: PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

     
COMPANY REVIEW: PT Aneka Tambang 


     
     Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin banyaknya generasi milenial yang semakin melek akan investasi, maka Divisi Analisis dan Praktikum dari KSPM FEB UNEJ ingin membagikan company review dari perusahaan yang berada di Bursa Efek Indonesia. Kali ini kami akan membahas perusahaan yang bergerak di sektor tambang, yaitu PT Aneka Tambang Tbk. Mengingat prospek perusahaan tambang di Indonesia cukup bagus dan Indonesia yang memiliki cadangan emas sebesar 39 persen emas dunia maka kami tertarik dengan perusahaan tambang milik pemerintah yaitu PT Aneka Tambang Tbk. Berikut kami sajikan ulasan perusahaannya.

Company Profile
     PT Aneka Tambang Tbk. atau yang biasa disebut dengan PT Antam merupakan perusahaan pertambangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Indonesia Asahan Alumunium (65%) dan masyarakat (35%). PT Antam didirikan pada tanggal 5 Juli 1968. Kegiatan Antam mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari sumber daya mineral.
     Pendapatan PT Antam diperoleh melalui kegiatan eksplorasi dan penemuan deposit mineral, pengolahan mineral tersebut secara ekonomis, dan penjualan hasil pengolahan tersebut kepada konsumen jangka panjang yang loyal di Eropa dan Asia. Kegiatan ini telah dilakukan semenjak perusahaan berdiri tahun 1968. Komoditas utama Antam adalah bijih nikel kadar tinggi atau saprolit, bijih nikel kadar rendah atau limonit, feronikel, emas, perak dan bauksit. Jasa utama Antam adalah pengolahan dan pemurnian logam mulia serta jasa geologi.

Anak usaha PT Aneka Tambang Tbk, yaitu:
PT Indonesia Coal Resources (Indonesia)
PT Cibaliung Sumberdaya (Indonesia)
PT Gag Nikel (Indonesia)
Asia Pacific Nickel Pty., Ltd. (Australia)
PT Antam Resourcindo (Indonesia)
PT Borneo Edo International (Indonesia)
PT Mega Citra Utama (Indonesia)
PT Indonesia Chemical Alumina (Indonesia)
PT Antam Jindal Stainless Indonesia (Indonesia)
PT Indonesia Chemical Alumina (Indonesia)




     Kinerja saham ANTM (PT Aneka Tambang Tbk) yang dibandingkan dengan kinerja IHSG, indeks LQ45, dan indeks sektoral MINING. Jika dilihat mulai dari bulan Oktober tahun 2018, Kinerja saham ANTM sangat baik dibandingkan dengan kinerja IHSG, LQ45, dan MINING meskipun sempat turun cukup dalam pada bulan desember 2018. Pada bulan Maret 2019 kinerja saham ANTM sangat baik karena memimpin kenaikan sebesar 23,42%, dan diikuti indeks LQ45 sebesar 11,03%, disusul IHSG yang naik sebesar 10,94%, dan indeks MINING yang turun sebesar 0,75% dalam periode oktober 2018- Maret 2019. Itu artinya kinerja harga saham ANTM mengungguli kinerja indeks LQ45,IHSG, dan MINING. Tidak hanya dari segi teknikal, secara fundamental perusahaan ANTM juga memiliki kinerja yang cukup baik seperti data yang disajikan dibawah ini. 






     Dari data diatas bisa disimpulkan bahwa secara fundamental kinerja antam juga cukup baik jika ditinjau dari beberapa aspek seperti laba bersih, EPS, pendapatan, dan pertumbuhan YoY. Jika dilihat dari laba bersih yang didapatkan oleh antam selalu naik selama 5 tahun berturut turut dan jika diakumulasikan selama 5 tahun antam mencatatkan kenaikan laba sebesar 380,73%. Jika dilihat EPS nya selama 5 tahun, antam juga mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan dan jika diakumulasikan selama 5 tahun EPS antam meningkat sebesar 492,81%. Pendapatan yang dicapai selama 5 tahun menunjukkan kenaikan sebesar 120,08%. Data diatas juga bisa dilihat dengan menggunakan grafik dibawah ini.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »