RESENSI BUKU PSIKOLOGI TRADING: ASPEK PSIKOLOGI DALAM INVESTASI DAN TRADING

  RESENSI BUKU PSIKOLOGI TRADING: ASPEK PSIKOLOGI DALAM INVESTASI DAN TRADING

Judul : Psikologi Trading: Aspek Psikologi Dalam Investasi dan Trading
Pengarang : Desmond Wira
Penerbit : Exceed
Cetakan : Agustus 2018
Tebal Buku : xii + 252 halaman
ISBN : 978-602-18887-6-6

         Desmond Wira adalah seorang praktisi di pasar saham, forex, dan komoditas. Ia belajar investasi dan trading secara otodidak dan hingga sekarang menjadi full time trader dan investor. Selain itu, ia juga seorang penulis berbagai buku mengenai trading dan investasi. Semua karya bukunya mendapat respon yang baik dan laku laris di pasaran sebagai panduan bagi trader maupun investor. Ia juga aktif sebagai pembicara di berbagai seminar, training, dan workshop untuk membagikan ilmu dan pengalamannya sebagai trader maupun investor. Selain itu, ia juga aktif membagikan ilmunya dalam bentuk artikel melalui website miliknya yakni JurusCUAN.com.
   Trading yang sukses bukan hanya tergantung pada kemampuan seseorang dalam melakukan analisis. Kemampuan melakukan analisis hanya menjadi salah satu faktor yang berperan menentukan kesuksesan seorang trader. Tetapi terdapat faktor lain yang sering terlupakan dan dianggap remeh oleh seorang trader adalah psikologi trading.
       Kesuksesandalam trading atau investasi tak hanya ditentukan oleh kemampuan analisis, namun juga ditentukan oleh psikologi trading. Beberapa topic pembahasan yang terdapat dalam buku ini sebagai berikut:
      Psikologi dan Neuroscience, dalam buku ini akan membahas mengenai otak yang ditinjau melalui Neuroscience (ilmu saraf). Neuroscience (ilmu saraf) adalah studi ilmiah dari system saraf. Menurut teori klasik, manusia adalah makhluk rasional tetapi pada faktanya cara berpikir manusia tak hanya berdasarkan otak rasional namun ada keterkaitan dengan otak emosional yang bergantung satu sama lain. Mengapa otak? Karena pada otak lah semua perilaku manusia tercipta.
      Perilaku Trader (Individu), dalam buku ini juga akan mempelajari mengenai perilaku trader sebagai individualisme. Bagaimana keputusan trading seseorang akan dipengaruhi oleh cara berpikir dan mentalnya. Pada buku ini terdapat beberapa contoh dari bias dalam mengambil keputusan seperti anchoring, bandwagon effect, choice paralysis, cognitive ease, confirmation bias, dll.
  Perilaku Pasar, selain mempelajari perilaku trader secara individu pada buku ini juga mempelajari perilaku pasar. Dengan memahami perilaku pasar sebagai tempat keramaian  yang akan dapat memberikan keuntungan bagi pelaku pasar. Pada perilaku pasar ini, pembentukan harga saham sangat dipengaruhi oleh kekuatan permintaan dan penawaran di pasar. Dimana permintaan dan penawaran itu dipengaruhi oleh dua emosi diantara FEAR (ketakutan) dan GREED (keserakahan). Dalam bab ini, dibahas mengenai dampak psikologis aeorang trader yang mengikuti kerumunan.
  Analisis Teknikal dan Psikologi, penggunaan indikator dalam analisis teknikal dapat digunakan untuk membaca perilaku pasar. Bab ini akan membahas tentang analisis teknikal yang berkaitan dengan psikologi pasar yang akan dibahas antara lain: trend, support dan resistance, Japanese candlestick, pola netral, pola kontinuitas, dll. Selanjutnya, bab ini akan membahas mengenai berbagai indikator yang berkaitan dengan psikologi pasar yang akan dibahas antara lain: Put-Call Ratio, VIX, Volume, dan MFI (Money Flow Index).
     Meningkatkan Kualitas Trading, pada buku ini juga memberikan berbagai tips praktik dalam meningkatkan kualitas trading dengan mempertimbangkan faktor psikologi. Dengan harapan akan dapat meningkatkan profit dalam trading yang akan dilakukan.
         Kelebihan dari buku Psikologi Trading ini adalah penulis mendeskripsikan pokok pembahasan dengan lugas dan ringan, penggunaan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami, dan pembahasan di setiap topik melalui pendekatan studi teoritikal dan studi empiris yang mudah dipahami oleh para pembaca. Setiap pembahasan, penulis memberikan contoh-contoh yang terkait dan memberikan ilustrasi di setiap pokok bahasan diulas. Ilustrasi buku cukup menarik pembaca dan pokok bahasan dibahas secara sistematis.          Selain itu, pada topik perilaku trader (individual) terdapat tips-tips mengatasi beberapa contoh bias dalam mengambil keputusan. Selain itu, pada buku ini terdapat kelemahannya yaitu terdapat beberapa diksi yang tidak sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »