[Event] Capital Market Fair (CMF) 2017 - Sekolah Pasar Modal (SPM)


KSPM FEB UNEJ - Sekolah Pasar Modal KSPM FEB UNEJ 2017 dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2017 pada hari selasa, pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00. Sekolah Pasar Modal pada tahun 2017 ini terdapat SPM Level 1 tentang Apa yang terdapat di dalam Pasar Modal itu sendiri dan SPM Level 2 yang menjelaskan tentang analisis teknikal dan fundamental serta transaksi trading (jual beli saham).

SPM Level 1 dengan pemateri dari Bursa Efek Indonesia Surabaya yaitu Bapak Asikin Ashar menjelaskan tentang bagaimana seluk beluk Pasar Modal dan investasi saham. Bapak asikin ashar pun juga menjelaskan tentang investasi yang sesungguhnya dengan investasi bodong yang beberapa bulan terakhir menjadi bahan pembicaraan di dalam dunia pasar modal. Bapak asikin juga menyampaikan bahwa investasi bodong pastinya selalu menawarkan imbal hasil tinggi dan tanpa resiko.Bunga tinggi alias hasil tinggi dan bonus yang tidak masuk di akal memang menjadi andalan pelaku untuk mencari korban. Kesemuanya ini dikemas secara retorik dengan penyampaian yang manis sehingga korban “tersihir” untuk mengikutinya.

Untuk SPM Level 2 penyampaian materi dilakukan oleh Marketing Officer PT Indo Premier Sekuritas, IPOT Malang, Zanuar Priyatno. Bapak Zanuar menjelaskan tentang analisis teknikal dan fundamental serta cara melakukan transaksi menggunakan aplikasi trading untuk jual beli saham. Bapak Zanuar berpendapat untuk menganalisis saham, pertama kita harus mengenal perusahaan tersebut kemudian kita analisa saham tersebut menggunakan rasio keuangan misalnya Net Profit, ROA, ROE, PER, dan Deb/Equity.

Peserta yang datang berasal dari mahasiswa Universitas Jember maupun di Luar Universitas Jember dan Umum (dari luar Jember). Para peserta sangat antusias dan menimak penjelasan dari kedua pemateri serta aktif menanyakan tentang apa yang sudah dijelaskan oleh kedua pemateri tersebut. Acara SPM ditutup dengan acara Tanya jawab dan pemberian doorprize saldo untuk akun saham sebesar 100.000 Rupiah.

Berikut Foto Kegiatan Capital Market Fair 2017 - Sekolah Pasar Modal (SPM) :








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »