CMI-7 (CAPITAL MARKET INFORMATION) RETURN INVESTASI SAHAM


CMI-7 (CAPITAL MARKET INFORMATION)
RETURN INVESTASI SAHAM


Halo sahabat KSPM!

Bagi sebagian investor, return saham merupakan hal yang perlu diperhatikan. Besar kecilnya return bisa mempengaruhi keputusan investasi. Jadi, dalam bentuk apa return saham dibagikan? Yuk simak penjelasannya!

1.  Capital Gain
Capital Gain merupakan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham. Capital Gain adalah kondisi yang paling disukai investor ketika mereka berinvestasi. Keuntungan ini bisa diperoleh saat menjual aset investasi tertentu seperti reksadana, surat utang, saham, atau properti. Tapi perlu diingat bahwa capital gain baru akan diperoleh apabila aset telah dijual. Jika Anda masih menguasai aset tersebut, maka belum tentu berarti capital gain meskipun harga jualnya lebih tinggi ketimbang selisih awal.

2.  Dividen
Keuntungan dari laba bersih per lembar saham yang dibagikan kepada para pemegang saham. Deviden menjadi salah satu hal penting bagi investor/pemegang saham karena saat melakukan investasi dana ke instrumen saham perusahaan pasti akan mengharapkan return yang setinggi-tingginya. Hal inilah yang disebut deviden.

Jadi, Return dari saham dapat diperoleh selain dari deviden, yaitu berasal dari capital gain. Biasanya investor lebih menyukai deviden karena dianggap memiliki kepastian yang lebih baik daripada capital gain.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai return investasi saham yang telah kami paparkan. Jika info materi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain, ya. Yuk saling berbagi dan menebar kebaikan.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »