CMI-2 (CAPITAL MARKET INFORMATION) INSTRUMEN KEUANGAN DI PASAR MODAL


CMI-2 (CAPITAL MARKET INFORMATION)
INSTRUMEN KEUANGAN DI PASAR  MODAL


Halo sahabat KSPM!!

Setelah mengetahui pengertian dari Pasar Modal, kali ini kita akan menjelaskan mengenai apa aja sih instrumen keuangan yang ada di Pasar Modal. Yuk, simak penjelasannya!
  1. Saham : merupakan tanda bukti investor telah menanamkan modal dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas
  2. Obligasi : surat klaim atas utang suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu
  3. Reksadana : wadah untuk menghimpun dana dari beberapa investor yang akan dikelola oleh manajer investasi
  4. Derivatif : surat berharga turunan dari efek (seperti saham dan obligasi)
Derivatif memiliki tiga turunan yaitu :
  • Opsi 
Apa itu opsi pada instrumen derivatif? Secara umum, opsi merupakan salah satu jenis derivatif yang berisi bukti pernyataan yang diterbitkan oleh suatu pihak (perorangan/lembaga) yang memberikan hak kepada para pemegangnya untuk melakukan jual beli saham dengan harga yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Right
Apa itu right pada derivatif? Right adalah suatu wewenang (hak) saham baru yang diterbitkan oleh emiten di mana emiten harus menawarkan right tersebut terlebih dahulu kepada para pemegang saham lama. Dengan kata lain, pemegang saham lama lebih diprioritaskan. Jika seseorang/lembaga yang mempunyai right tersebut tidak memanfaatkannya, maka itu dapat dijual kepada pihak lain.
  • Warrant
Apa itu warrant pada derivatif? Warrant adalah surat berharga yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh suatu perusahaan dengan memberikan hak kepada para pemegangnya untuk membeli saham suatu perusahaan. Biasanya, persyaratannya berkaitan dengan jumlah, harga, dan masa berlakunya. Warrant dapat dijual bersamaan dengan surat berharga lainnya, seperti saham dan obligasi.

Well, itulah materi Instrument Keuangan di Pasar Modal yang telah kami paparkan. Semoga, informasi ini bisa menambah dan membuat kalian untuk terus menggali informasi tentang dunia Pasar Modal. Kami harap kalian terus mengikuti blog kami yang pastinya membahas Pasar Modal secara lengkap dan terstruktur sehingga mudah dibaca dan dipahami. Jika info materi Pasar Modal ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain, ya. Yuk saling berbagi dan menebar kebaikan.

Salam Pasar Modal, Salam Investasi!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »