REVIEW BUKU




Judul                            : Pasar Modal dan Manajemen Portofolio
Penulis                          : Dr. Sudirman, S.E, M.Si.
Penerbit                        : Sultan Amai Press (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
ISBN                           : 978-979-155-877-3
Tahun Terbit                 : 2015
Tebal Buku                   : 201 halaman

Review Buku


Buku ini ditulis oleh Dr. Sudirman, S.E, M.Si. yamg merupakan dosen tetap di IAIN Sultan Amai Gorontalo. Buku ini membahas tentang pasar modal, cara menganalisisnya hingga manajemen portofolio yang membantu investor dalam memilih investasi yang tepat.

Bab pertama tentang Perkembangan Pasar Modal di Indonesia. Indikator indeks digunakan dalam evaluasi kinerja pasar modal dan sebagai tolok ukur para investor untuk menanamkan modalnya. Selain itu faktor makro juga mempengaruhi harga saham perusahaan, faktor makro ini bisa berupa isu ekonomi, politik, maupun keamanan. Karena isu-isu ini menyebabkan ketidakpastian pergerakan indeks saham dari periode-ke-periode

Bab kedua tentang Pasar Modal dan Penawaran Umum di Pasar Perdana disini menjelaskan tentang pengertian pasar modal, instrumen yang tersedia di pasar modal, lembaga-lembaga yang terkait dengan pasar modal, serta tahapan yang dilakukan emiten ssat melakukan IPO (initial public offering).

Bab ketiga menjelaskan tentang Manajemen Keputusan Investasi, di sini kita mengetahui jenis-jenis indeks harga saham di BEI (IHSG, LQ45, KOMPAS 100, dll), penggunaan analisis teknikan dan fundamental sebagai acuan dalam pasar modal biasanya analisis teknikal banyak digunakan oleh investor jangka pendek(trader) sedangkan analisis fundamental digunakan oleh investor jangka panjang, tetapi ada juga investor/trader yang mengkombinasikan fundamental dan teknikal sebagai acuan dalam menentukan invetasi.

Bab keempat menjelaskan Analisis Saham dan Obligasi, bagaimana kita membaca isi dari laporan keuangan serta menghitung data dari laporan keuangn dengan rasio keuangan. Dalam obligasi, kita harus memperhatikan tingakt bunga/kupon yang ditawarkan apakah kupon tetap (fixed coupon) atau kupon mengambang (floating coupon) sesuai suku bunga acuan (BI rate). Selanjutnya waktu jatuh tempo, ada yang berjangka pendek dan berjangka panjang, dengan ini kita bisa menyesuaikan jangka waktu investasi. Obligasi juga memiliki peringkat (Bond Rating) yaitu peringkat yang menunjukkan kemampuan emiten dalam membayar kewajibannya. Bond rating ini dikeluarkan oleh agen peringkat obligasi terkenal dengan mempertimbangkan operasional, manajemen, laporan keuangan , dan rencana perusahaan.

Bab kelima berisi mekanisme transaksi saham di pasar sekunder. Ini merupakan jenis pasar selain pasar perdana, disini investor melakukan transaksinya melalui perantara efek (broker/pialang) yang tercatat di bursa efek. Mulai dari order beli/jual hingga penyelesaian transaksi dilakukan oleh perusahaan efek.

Bab keenam tentang teori pergerakan harga saham dan teori portofolio modern, disini ada Random Walk yaitu perubahan harga saham secara acak, dan Elliot Wave pergerakan harga saham yang polanya mengikuti trend, Elliot ini polanya repetitif(berulang) meskipun belum tentu berulang di waktu yang sama. Teori portofolio modern adalah teori yang fokus pada imbal hasil dan potensi risiko, di sini investor memiliki dua pilihan low risk-low return atau high risk-high return.

Bab ketujuh membahas tentang harga saham gabungan dengan faktor ekonomi makro. Faktor-faktor makro seperti inflasi, suku bunga BI, maupun kurs Rupiah mempengaruhi harga saham, yang akan mengalami penurunan karena investor akan menyimpan uangnya dalam bentuk deposito. Ketiga faktor inilah yang paling dominan dalam mempengaruhi pergerakan harga saham.

Bab kedelapan adalah tentang reksadana. Disini membahas tentang pengertian reksa dana, dan lembaga yang mengelola investasi kita (manajer investasi), memprediksi return yang akan diterima di masa depan sehingga investor dapat memiih ­high risk-high return, maupun sebaliknya. Ada juga biaya-biaya yang akan dikenakan saat pembelian reksa dana, hingga tips memilih reksa dana yang tepat

Bagi kalian yang ingin tahu lebih mendalam dan belajar mengenai pasar modal sangat disarankan untuk membaca buku Pasar Modal dan Manajemen Portofolio karya Dr. Sudirman, S.E, M.Si ini karena di dalamnya banyak membahas mengenai pasar modal secara lengkap dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula, sehingga kalian dapat dengan mudah memahami mekanisme-mekanisme saham, analisis saham serta manajemen keputusan investasi. Akan tetapi buku ini sulit untuk ditemukan bahkan di toko- toko besar seperti Gramedia. Sehingga bagi kalian yang ingin mencari atau membeli buku ini harus menghubungi contact person penyedia buku terlebih dahulu. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »